HIKAYAT PUTRI MANDALIKA [BABAD LOMBOK]. REVISI KE 15.

Alkisah , kala itu di Lombok NTB ada sebuah kerajaan yang saat itu mendadak di gegerkan oleh adanya kedatangan ratusan bahkan ribuan Raja dan Pangeran dari keraton/kerajaan di seluruh dunia, lengkap dengan bala tentaranya. Apa pasal? apakah akan ada peperangan???

Ternyata kedatangan mereka ke situ adalah untuk melamar seorang putri di kerajaan itu yang bernama PUTRI MANDALIKA. Putri Mandalika tersebut konon adalah seorang gadis seksi, cantik, ayu, rupawan, periang/ceria, cerdas, baik budi pekerti, lembut perangainya dll, yang itu semua benar2 membuatnya yg baru berusia sweet 7 teen [mungkin] jadi tersohor di seluruh dunia sebagai miss world saat itu, hingga banyak Raja maupun Pangeran mendambakannya sebagai istri/permaisuri.

Alkisah… Dengan kedatangan para pelamar tersebut, awalnya bikin Raja dan Permaisuri kerajaan Sasak tersebut senang banget. Namun …. berubah menjadi kacau karena ternyata para pelamar yg bersaing tersebut tak ada yg mau mengalah. Bahkan semua mengancam akan berperang jika bukan dirinya yg dipilih oleh sang putri Mandalika sebagai suaminya.

Hal ini membuat raja dan sang permaisuri menjadi gundah gulana, hingga akhirnya memutuskan untuk reses berunding dg Putri Mandalika yg belum dapat menentukan siapa calon suaminya, juga untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa jalan keluar terbaiknya.

Hampir satu bulan berlalu dan para pelamar sudah makin tidak sabaran, dan berulangkali mengirimkan utusan untuk menanyakan hasil lamarannya. Dan hal itu bukan saja bikin hanya Raja dan Permaisuri kerajaan Sasak itu yg stress&bingung tapi juga para diplomat luar negeri yg di jadikan duta / utusan perundingan Gaza yg tiap kali pulang dg tangan hampa, jadi di caci maki boss mereka, dan dipotong gaji, Bahkan ada pula yg langsung di PHK tanpa Pesangon. Masih mending sebab ada pula yg dipulangkan ke negaranya dengan tanpa kepala , atau jadi korban mutilasi para algojo boss mereka.

Dan semua itu Gara2 CINTA…. eh…. Putri Mandalika.

**Inyong dadi mumet koq tiap kali ada yg menyebut kata CINTA, mas Bobby jadi Blingsatan. Kepriben sih, inyong heran Mas Bobby???. Ana apak??? Masih di uber2 ama CINTA??? Kalau Inyong sih suka kalau bisa dapatin CINTA.

**Loe Komentar bae…. nih dongeng ditutup aja deh siwalan kau!!!

**Arek iku kumat mendeme kale. Ngepil ora… Mabok ora…. ndleming dewe. Wis ayo lanjutin critanya!!!

Bagaimana kelanjutan kisahnya?Benarkah Putri Mandalika akhirnya bunuh diri dg menceburkan diri di Laut Selatan? dan benarkah ia berubah wujud menjadi cacing laut/NYALE?

Menurut dokumen rahasia Negara milik kerajaan Majapahit dan kerajaan Sasak. Disaat itu datanglah pertolongan dari Tuhan dengan cara yg amat aneh.

Di saat itu datanglah seorang pemuda keren namun gembel bernama Raden Panji Wulung/ Mahesa Wulung yg di temani dua orang abdinya bernama awuran disini Bancak dan Doyok [sbab tak punya KTP]. Ketika Pengawal2 kerajaan Sasak Menanyakan KTP Pemuda tersebut ternyata ia adalah seorang anggota detasemen khusus inteligen Keraton Majapahit, yg di utus langsung oleh Prabu Hayam Wuruk untuk mengatasi kemelut di Kerajaan bagian Majapahit tsb. Akhirnya pemuda berpakaian sederhana tersebut dihadapkan kepada Raja dan Permaisuri.


Ketika menghadap itu, dihadapan Raja, Permaisuri, Putri Mandalika, dan Para Menteri serta Penasehat Kerajaan, sang Raden Panji Wulung tampak bengong ketika bertatapan pandang dengan sang Putri Mandalika. Ia sebenarnya telah beristri namun hatinya tak urung tergetar pula menatap wajah sang putri nan ayu rupawan. Lama ia bengong tanpa sadar seperti lupa diri.


Sang Raja dan sang Permaisuri jadi geli melihat hal itu, dan Putri MAndalika sendiri juga tergetar hatinya namun ia tundukkan wajah malu oleh pandangan mesra dari Raden Panji Wulung.


” Den…. Hoooiii…. Ndorooo…..! Ingat donk… kita baru sowan nih…! Halo….halooo… halooo………! kata Doyok sambil guncangkan badan Raden Panji Wulung.


Raden Panji Wulung jadi tersentak kaget, dan tersipu malu. Akhirnya ia utarakan maksud kedatangannya ke situ. Wajah sang Raja dan hadirin di situ mendadak cerah setelah tahu maksud kedatangan Rd. Panji Wulung.


Namun ada seorang Penasehat kerajaan yg protes, sebab ia menganggap hal itu amat sangat rumit dan pelik. Tak mungkin kiranya Rd. Panji Wulung seorang diri sanggup mengatasi hal itu.


Lalu Rd. Panji Wulung utarakan rencananya dg syarat hal ini harus di rahasiakan bahkan sampai ke anak cucu kalau perlu. Ia katakan : bahwa Sang Putri Mandalika harus pergi melarikan diri ke arah Laut Selatan bila ingin selamat tepat di saat Purnama bulan itu [kira2 tanggal 10 Muharram / Syura skarang kalau tidak kliru]. Dan di sana nanti ia akan menolong sang Putri, namun para Pelamarnya akan mengira Sang Putri Meninggal dan akhirnya membatalkan rencananya memerangi kerajaan Sasak itu dan pertikaian darah bisa dihindarkan. Hanya saja setidaknya sementara waktu Sang Putri terpaksa harus menghilang sebab ia akan bawa Sang Putri Ke Majapahi.

**Alasannya& akal2annya untuk melamar sang putri koq pinter men??? Pada bae ama mas BOBBY ya???.

** Meneng , Monyong lu!!! Biarin mas Bobby koyo ngono, itu namanya SMART! ga Kaya lo!

Keterangan Raden Panji Wulung bikin heboh dan bengong para hadirin. Benar2 usulan Jenius sekali tuh. Hingga langsung saja Semua menyetujui, terutama, Sang Putri Mandalika sendiri yg berulangkali matanya melirik malu2 kucing & senyum2 manis kepada Rd. Panji Sur… eh Panji Wulung. Kliru sampe kan. Dihatinya sudah ada CINTA di saat pandangan Pertama.

Demikianlah akhirnya rencana dijalankan. Tepat di saat para Raja dan Pangeran yg melamar sudah amat sangat tidak sabaran. Putri Mandalika Beserta beberapa pengawal dan dayang segera meninggalkan Kerajaan menuju Laut Selatan.

Awalnya sih aman2 saja, namun begitu para pelamar mengetahui bahwa sang Putri telah meninggalkan kerajaan, mereka segera melakukan pengejaran besar2an. Tidak kepalang tanggung kisah RUN AWAY nya Putri Mandalika pun jadi seru dan amat sangat menegangkan sebab….. ketika ratusan bahkan ribuan pelamar kerahkan kekuatan mengejar dirinya, Sang Putri masih sempat mampir ke Pasar2, Toko2 membeli alat rias dan make up serta pakaian yg ia sukai. Juga makanan camilan buat ia ngemil.

Konon ketika sang putri sudah sampai di Pantai Laut Selatan, para pengejarnya telah dekat dan dapat melihat Sang Putri Mandalika asyik foto2an dengan dayang2nya dan para pengawal2nya, sambil bermain air ombak dan berpakaian swimsuit/bikini yang super seksi, bagai LUNA MAYA.

Melihat hal itu bagai kesetanan Para pelamar itu langsung menyerbu pantai dengan tingkah yg aneh2 , bahkan sampai ada yg langsung copot pakaian dan hanya tinggal pakai celana renang.

Putri Mandalika yg melihat para pelamar itu berlarian kearahnya, lalu segera ambil Loudspeakernya dan berteriak lantang: “Halo…haloo…haloo….! Perhatian…perhatian….!Dari pada kalian ributkan siapa yang dapat diriku dan malah berperang untuk dapatkan diriku, sekarang kalian semua akan dapat memiliki aku selamanya…. slamat tinggal…bye…bye… sayonara…..!!!

Dan sang Putri segera menceburkan dirinya ke laut Selatan di bagian yg dalam. Dan Lenyap tak tahu rimbanya. Para pengejar itu kecelik dan tak berkutik.

“Putriiii….. dimana kauuuu….kemarilaaah…., Menikahlah dengankuuuu!!!” demikianlah para pengejar itu berteriak2 memanggil sang Putri. maklum, pada tidak bisa brenang kale, jadi tidak brani nyebur nyusul Meutya ehh…. Putri Mandalika. [He he he… kliru bae soale ini lakone Mas Bobby Ama Meutya Malah bisa jadi begini , Inyong yang satu ini masih bingunggg].

Tatkala masih pada ribut itu, tahu2 dari dalam laut keluarlah seorang tua renta berjenggot dan berambut putih panjang.

Sosok itu lalu bersuara melalui loudspeakernya yang entah mungkin ia dapatkan dari sang Putri Mandalika tadi.

“Halooo… haloo….. halooo, test..test… uhuk..uhukk… heh…heh… heh… hoss hossh . Perhatian…! kalian smua macam orang bodoh…ubek2an di situ… tadi kan sudah di beri tahu…kalau kalian akan dapatkan Putri Mandalika semuanya, koq masih bingung…??? uhukk..uhukk… heh heh… abis kelelep nih…jadi keselak!”

*Inyong biingung koq… itu sapa?? Dewata koq, kecemplung laut bisa kelelep [tenggelam]. Biasane turun dari langit kan? Koq tau2 kluar dari laut? kapan kecemplungek??

**Koen menengo sik… sebel banget aku .

**Iya bikin keqi nih baru asik2nya nonton malah di komentari bae. lagi serius eh… malah dagelannya si Inyong…

Lalu orang tua itu berkata lagi: “uhukk…Uhukk Kalian cari putri Mandalika kan??? Lihatlah di bawah kalian… ada smacam benag itu… dialah putri Mandalika… yang kalian cari yang telah berubah wujud jadi begitu seperti cacing laut. Kalian semua bisa memilikinya…. tapi… hanya setahun sekali di saat bulan purnama di tanggal yg sama dengan tanggal hari ini. Itu kalau perhitungan ahli botani, flora , fauna di Majapahit benar. Heh…heh… wis ya… inyong… eh… Ingsung kelelep maning nih … welehh… ketularan ngapak2… Tadi ora nggawa Perahu karet sih….”

Demikianlah akhirnya orang tua itu lalu kembali masuk kedalam lautan dan menghilang. Para Pengejar Putri Mandalika jadi terkesima, banyak diantara mereka jadi lunglai…sedih kecewa… hingga akhirnya banyak diantara mereka melihat di antara kaki mereka… banyak serabut2 berwarna warni dan memang sebesar cacing namun seperti benang ruwet yang tanpa ujung. Rasa penasaran diantara mereka lalu meraup benang2 itu dan saking jengkelnya lalu memakannya.

Lah??? itu kan jelmaan Putri Mandalika ??? Koq kau makan?? aRakus loh!!! Kanibal…! pantesan Putri lalu lari!!

Biar… cuek!!! abis gwe tidak tidak mauin. Khusus aq gitu….

Begitulah akhirnya Pesta Bunyale di mulai sejak saat itu memperebutkan Putri Mandalika yg telah jadi NYALE.

Benarkah sang Putri Hlang dan menjadi Nyale??? Pada saat bersamaan dengan saat itu, tampak di dalam laut sebuah kapal selam kuno mini, berisi, Putri Mandalika, Raden Panji Wulung dan dua abdinya pada ketawa cekikikan merasa sukses dengan sandiwara mereka. Raden Panji Wulung melepaskan samarannya rambut dan jenggot putih panjang.

“Den…Bosss…. skarang kita kemana??? “

“Ya ke Majapahit donk… Kan tadi udah ku kasih tau???”

“Pokoknya skarang genjot terus tuh speda biar kapal silem ini cepat sampai ke Majapahit!!!”

“Lahhh… Enak… Puas di Boss, Inyong yang loyo….”

“Ayo… brani kudeta … gwe cekik ntar…!!!”

“Papa…ntar kalo sampai di majapahit… ajak aq shopping ke Hayam Wuruk Mall dan Majapahit GrandMall yah??? Trus nanti… mama tidak mau papa suruh aq jadi bini Prabu Hayam Wuruk lho.”

Begitulah kisahnya akhirnya Rd. Panji Wulung punya tambahan Istri Putri Mandalika dan tinggal di wilayah Majapahit dan peninggalannya di temukan oleh RM Panji Soeryonagoro yg menurut cerita adalah reinkarnasi sang Panji Wulung tsb.

**Kalo begitu Inyong ini juga titisan dari Inyong yang dlmcerita itu yah??

**Yah… kira2 begitulah,…pantes bae sama ruwetnya ama Nyale itu. ha ha ha ha .

Tambahan:

Karangan diatas Murni karangan Bobby Meidianto si Jaguar yg telah mengalami revisi 3-4 x namun ia minta disini ditulis sudah direvisi 15 x. Semua revisinya telah berulangkali dimuat di beberpa weblog kami maupun ke Yahoo.groups, dan media Indonesia maupun respononline Indosiar.

Awal mula kisah putri Mandalika ia jadikan Tulisan Plesetan adalah ketika 1998-1999 ia berada di NTB seorang gadis yg ia kenal meggunakan ilmu pelet langka seorang putri cantik. namun bukan hanya Bobby yg kena pelet, koq gadis itu sendiri jadi sperti kena pelet Bobby. Tak disangka ilmu tsb sperti punya nyawa sendiri, dan melakukan komunikasi langsung dg Bobby. Dan perkenalkan diri sebagai Putri Mandalika. Jadilah Bobby pacaran bukan dg Gadis itu namun dg gadis yg menjadi ilmu pelet tsb.

Baru stelah di beri tahu pamannya tentang putri Mandalika baru paham tentang adat Lombok Selatan [Bau Nyale]. Ketika Pulang dari Lombok sehabis tugas di Tim Tim ia mampir ke Situs Mojopahit di Mojokerto/Trowulan mencari sesuatu, dan ia temuka yg dikatakan oleh Sang Putri Mandalika. Lama setelah itu, baru ia analisa, dan bisa kita lihat hasil penulisannya itu. Tampak jelas sekali kepiawaiannya sebagai anggota Inteligent dan politikus jeli dan Pria SMART , memikirkan , menganalisa, dan mengamati situasi politik, mengatasi kesulitan. Dan tidak lupa, sifat aslinya yg ceria, dan hangat serta lucu.  Ia tuliskan dalam dialek jawa tengah , jawa timur dan , Tegal, banyumas dll, adalah kebiasannya bercakap diantara teman dan di situ ia sindirin kebiasaan teman2nya termasuk si Inyong yg dari Kopral serta teman2 sekolahya ada yg berasal dari Tegal dan Banyumas dg aksen Ngapak2nya.

TAMBAHAN :

MAS BOBBY INI AQ MASUKKIN KE ARTIKEL YG INI SAJA SEKALIPUN DLM KEJADIANNYA ADALAH DUA HARI SETELAH POST INI DI MUAT PERTAMA KALI.

LAGU YG MAS BOBBY NYANYIKAN PAGI TADI BENAR2 BIKIN KAWAN2 ….ADUUUUUHHHH KATA MEREKA.

KU TULIS DI SINI YAH…???? TAPI ENTAH BENAR APA TIDAK SYAIRNYA NAMUN PLESETANNYA KAMI TULIS LANGSUNG AJA.

HATIKU SEPUTIH MELATIII…., AKAN KU PERSEMBAHKAN, KEPADA DIRI MUUUU. JANGANLAH KAU BAGI CINTAMUUUU…… KUMBANG YG LAIN, KAU KENCUP LAGI…

SAKIT MENUSUK DI HATI… KU TAK SANGGUP LAGI MENANGGUNG BEGINIII…..

MANAAAA…..JANJIMU PADAKUUU….

MANAAAA…… TULUS NYA CINTAMUUUU….

KAU PILIH… DIANTARA BERDUA…. TAK MUNGKINN… MILIKMU SEMUAAA….  CINTAAA…TAK MUDAH DI BAGIII….. LEBIH …RELA KAU YG  MATIII…… BIARLAHHH…. KU NIKAHIII…CINTAAAAKUUUUU… YG DULUUUU SEBAGAIII ISTRIII KUUUU.

*** HA…HA….HA……. MEUTYA HAFID…BAKALLLL MAMPUSSS TUHHHH!!!!, PIKIRNYA MAS BOBBY TUH ORANG SENEWEN YG…MAUIN HARTANYYAAAA DAN KETENARANNYYAAAA!!!!

TIDAK DAPAT MENIKAH DG MEUTYA HAFID…. PULUHAN CEWE SUDAH ANTRIIIII!!!!, MAU YANG VIRGIN ATAUPUN YANG JANDAA…. YANG LAMA APA YANG BARUU…. TINGGAL PILIH DAN MEREKAAA  TAK ADA YANG MENYALAHKAN MAS BOBBY SELAMA INIIII!!! CUMAA….. GARA-GARA…. JANJI MAS BOBBY…. DAN DIRIMU DULU…. SEBAIKNYA  KAU MEUTYA HAFID YANG MAMPUSSSS DULU… BIAR MAS BOBBY BISA SEGERA NIKAHIII GADIS  LAIIINNNN!!! WONG KALAU CUMA MOBIL BAHKAN BEBERAPA CALON ISTRIII MAS BOBBY ADA YANG PUNYA RUMAH SEBESAR RUMAH MUU DI LEBAK BULUSS…..[KATA KAWAN2 DISANA] JUGA PUNYA MOBIL SEHARGA 150 JUTA….. APALAGI MBAK ANITA…. YANG KERABAT CENDANA…DAN AYAHNYA JUGA SEORANG JENDRALLL…









%d bloggers like this: