Serial Ande-Ande Lumut.

Babad Tanah Jawa, Kisah Asmara, dan Kethoprak Plesetan.

Ini adalah kisah yang terjadi saat Pemilu Indonesia 2003.

Pemain Utama:

Bobby Meidianto (sbagai Ande2 Lumut / Rd. Panji Inu Kertapati).

Anita (Sbagai Kleting Kuning / Putri Galuh Candra Kirana).

Ini adalah kisah di jaman yang masih belum kami tahu.

AL KISAH:

Suatu ketika hiduplah seorang cowo keren n beken yang bikin geger negara Ntah Namanya.

Apa yang dilakukannya hingga membuat huru hara di negara itu?

Rupanya ia yang telah lama ngejomblo lalu melakukan aksi protes kepada Yang Maha Kuasa dengan cara memanjat pohon dan lalu “Ora gelem mudhun2 sampe lumuten”

(Inyong ora bisa pake bahasa Indonesia sih! Aja kaya kuwe ya?)

Belum cukup itu saja, ia masih pasang iklan buat cewe2 kece, lengkap dengan profile dirinya n fotonya yg mirip cover Boy, sekalian mau ikutan Pemilu di kampungnya.

Siapa sih cowo itu?

Konon, Ia bernama Ande-Ande Lumut, lulusan Akabri Darat, tapi jadi non aktif bertahun gara2 keblasuk ke hutan Dadapan tempat Mbok Rondo Dadapan tinggal dan tak tahu jalan pulang kembali (alesan…padune Desersi aja koq cem-macem tak iye?).

Aja Komentar dhisik! Nonton bae lah! Tak Ciwel Kuwe, crewet bae!

Lalu, oleh mbok Rondo Dadapan itu yg kesengsem oleh kecenya do’I lalu diangkatnyalah Ande2 Lumut itu sbagai anak angkatnya.

Namun stelah skian lama Ande2 Lumut tinggal di situ, masih ngejomblo bae (ketularan ngomong pake ngapak2 nih), akhirnya ia lakukan aksi yg menggegerkan Negara tersebut diatas.

Rupanya iklan yang ia pasang bikin ia kebanjiran order.

Para gadis2 dari berbagai bangsa berdatangan ingin tau n kenalan ama cowo yg mnurut mreka paling kece, paling macho n paling imut dlsb, mengalahkan MR. Universe Arnold Schwazeneger (eh…? Benar apa ga” sih ejaannya?).

Namun anehnya silih berganti cewe2 kece itu datang namun smuanya I tolak oleh Ande2 Lumut itu. “Bah, sombong kali nih Cowo?”

Lalu secara tidak sengaja hal itu terdengar oleh beberapa orang cewe bersaudara. Nama2 cewe2 tersebut menurut data dari Den harin saat itu adalah Kleting Abang, Kleting Biru, Kleting Ijo, Kleting Kleting Kuning.

Namun diantara cewe2 itu yang paling buruk rupa n dekil banget mirip Cinderela adalah si Kleting Kuning. Yang mnurut Kakak2nya ia itu cewe paling rese’, sok tau, n malas mandi, malu-maluin.

Akhirnya mreka spakat untuk datangi Ande2 Lumut, tanpa adik mreka yang bungsu si Kleting Kuning.

Buru2 karena takut ktahuan, subuh2 mreka brangkat naik VW Combi mreka mnuju ke Hutan Dadapan. Baru sampai setelah perjalanan 2 setengah bulan dan wajah mreka yang kece brubah jadi memelas banget. Maklum, jadi jarang mandi juga dan ditambah lagi kaliren karena kurang makan.

Namun ternyata hal itu masih kurang. Ketika hampir sampai Hutan Dadapan itu, ternyata jalan yang aa terhalang oleh sebuah sungai yang besar dan Lebar. Bingung jadilah mreka bertiga. Namun, hati mreka lega ktika mreka lihat ada tukang sampan lewat.

Tukang sampan itu mau antarin ia nyebrang namun ia minta bayaran yang Masya Allah asyiknya. Karena tak punya pilihan lain Kleting Abang dan adik2nya segera menyetujui. Wah! Pesta pora nih si tukang sampan yang sering di sebut sbagai YUYU Kangkang itu.

Lalu stelah nyebrang, mreka segra temui Mbok Rondo Dadapan itu. Dan sampaikan maksud kedatangan Mreka itu. Mbok Randa Dadapan bersuka cita karena menurutnya gadis2 yg datang kali ini bnar2 Miss World, dan ia dapat hadiah juga sih.”Sering2 aja gini” pikirnya.

Akhirnya Mbok Randa Dadapan segera Calling Ande2 Lumut lewat intercomnya. “Thole…mami mau omong nih! Ada cewe2 kece datang lu temui donk. Mau kan turun ke sini?”

Ande2 Lumut:

Ntar mi, lagi asyik main Game nih, bntar lagi rajanya mo kluar, kan BT banget kalo sampai kalah lagi?

Randa Dadapan:

Buruan donk! Kan kasian mreka udah jauh2 datang kmari.

Ande2 Lumut:

Aaahhh, mami…orang kita lagi asyik, iya deh, tapi mami…dulu kan aku bilang… singing dulu donk….kan asyik.

(Dasarnya Si Ande2 Lumut ini juga sorang Rocker Boy lihat aja rambutnya panjang banget, tapi gara2 males cukur aja..Hehehehe).

Kadir:

Sekarang udah potong koq, pas mo ktemu Pak Wiranto Bulan puasa tahun lalu…itu …katanya takut kalo di cukur Pak Wiranto.

Doyok:

Itu kan mas Bobby yang aseli. Bukan Ndoro Ande2 Lumut.

Randa Dadapan:

Oalah Thole, mami sampai lupa…. Iya deh….Si Ande, si Ande2 Lumut… tumuruna ana putri kang unggah-unggahi, putrine kang ayu rupane, Kleting Abang iku kang dadi jenenge.

Ande2 Lumut tertarik rupanya kali ini. Pikirnya “ Kok? Ada kleting warnanya Merah? Bikinan mana tuh? Coba lihat deh”

Tapi Begitu ia tengok kluar dari pondok tarzannya di atas pohon….

Ande2 Lumut:

“Blaik! Itu Cewe? Maaakkk! Mami aku ogah ah! Hihhh! Lama ga mandi Ya? Lagian itu udah bekasnya saingan aku si Yuyu Kangkang itu. Ogah ah!.

Randa Dadapan:

Aduh! Gimana sih kau ini, lha Mami udah trima parcel dari ini Kleting Abang dan adik2nya ini. Kan malu, ntar mami ini gimana donk?

Ande2 Lumut:

Pokoknya ogah! Mami suruh ia pergi saja n balikin aja itu Parcelnya!.

Randa Dadapan:

Ya udah…kalo kau tak mau….(sedih).

Kleting Abang:

Idih somsom deh lu? Lagian gwa pikir cakep amat kaya di iklan itu, ga’ tau nya eh…. Udah tua, rambut ama jenggotnya aja sampe panjang gitu dan ubanan? Amit2 deh!

Randa Dadapan:

Namanya juga Ande2 Lumut Non, itu udah lumutan dan ubanan.

Kadir:

Ini aneh tenan koq, anaknya udah buyuten, eh…malah yang jadi ibunya, malah randa tur sexy banget n masih cuakep, opo ga’ bikin puyeng? Aku udah tahunan di sini, sampe betah banget kalao liat ibunya ini.

Doyok:

Dasar ayan loh! Mau naksir ama boss, di kemplang sendal, ntar mampus luh! La udah tau kalo bu Jujuk itu masih cakep n seksi koq masih heran? Eh…kliru dink, itu Mbok Rondo Dadapan itu.

Eh? Ini siapa? Koq ada gembel masuk sini? Hus sana pergi sana!

Cewe baru datang:

Saya ini Kleting Kuning adik dari Kleting Abang dan Biru serta Ijo ini, namun aku bulan lalu mreka tinggal, untung saja ada trail milik tetangga boleh saya pinjam.

Randa Dadapan:

Idih…cewe apaan kau ini? Masa naik motor laki trail lagi, kaya crosser aja. Sana pergi sana!

Ande2 Lumut:

Mami…. Siapa lagi sih koq ribut amat? (Sambil tengok kluar) Hwarakadah!!!(kaget).

Randa Dadapan:

Ada apa thole? Apa kesetrom? Koq triak keras banget? Turun dulu gih!

Ande2 Lumut:

Mami….! Aku kaget lihat yang ini mami…. Ini …..?

Randa Dadapan:

Iya … aku tau… itu makanya ia aku suruh pergi saja, gembel dekil kaya gini koq mauin kamu?

Kleting Kuning:

Kau…kau yang di sana…. Masihkah kau ingat nama kecilku…masihkah engkau merasakan cinta kita brdua? ku tak pernah berubah sampai saat ini tiada merah di sana menghias pipi dan bibirku, juga cerita cinta tentang kita….(nyanyi).

Ande2 Lumut:

Kadir…Doyok …? Ambilkan tangga donk…ogut mau turun nih!

Kadir:

Anu Ndoro…tangganya di pinjam Pak Rt buat pasang reklame Pemilu.

Ande2 Lumut:

Wah kacau….wislah aku mlorot aja deh…mudah2an clanaku ga’ robek gara2 keplorot ini nanti. Tapi… koq tinggi banget yah? Hihhh, takut deh! Mas Kadir…tolong dok ambilin tali keq, biar aku bisa turun nih!.

Doyok:

Ga’ ah ntar Ndoro malah gantung diri kan aku yang susah?

Kadir: Ini pake ini aja deh, parasut yang dulu bikin ndoro temangsang waktu terjun payung di sini.

Doyok:

Naaaa, ini … kalau pake ini kan asyik, niru in Pak Dhenny itu ntar terjun dan mendarat dengan mulus di hati kekasih dan camernya. Ini Ndoro…..eh! kaget aku…. Koq udah di bawah??? Kapan turunnya?

Ande2 Lumut:

Barusan, udah ga sabar aku tungguin kalian , ntar gantiin aku nangkring di pohon ya?

Randa Dadapan:

Koq mau turun, bareng yang datang gembel ini?

Ande2 Lumut:

Mami…. Ini….Coba lihat yang bnar deh, bgini kecenya mami katakan gembel?

Mendadak Kleting Kuning brubah ujud jadi Putri Galuh Candra Kirana (eh? Itu kan dari Kraton Daha?…koq bisa knalan ama mas Bobby? Eh…maksudku Ande2 Lumut?)

Doyok:

Wah! Yang model gini nih aku juga senang! Mbak… bisa kasih resepnya buat istri aku biar bisa brubah jadi caem gitu?

Kleting Kuning:

Kan biasa aja sih mas, itu ke salon Rudy Hadi Suwarno, atau ke mana yang bisa bikin kece.

Wah??? Mlarat deh aku tambahan (Doyok).

Blaik!??? Mas Bobby e.h… Ndoro Ande2 Lumut juga ikutan Brubah? Wah ??? Lha koq jadi kece bneran… kaya Pangeran?

Ande2 Lumut:

Mami… ini sbnarnya adalah Putri Galuh Candra Kirana dari Kraton Daha, sedangkan aku ini…adalah Rd. Panji Inu Kertapati dari Kraton Kediri (aslinya sih Panji Soeryonegoro dari Solo…he…he…he…ini kan Cuma film ketoprak plesetan)

Akhirnya jadilah kedua kekasih itu….hi hi hii…

SENSOR DEH! Bagian yang ini diprotes BSFI katanya.

END

One Response

  1. He he he….

Comments are closed.

%d bloggers like this: