Iqro’ itu jurus Ampuh Padepokan Kuncara Manik.

Bulan September 2007 lalu Mas Bobby itu kan jalan2 aja waktu ke Jakarta. Entah dia itu kenapa, katanya mau ke Jakarta tapi koq malah ngamen sampai Purworejo, katanya. Itu aku tidak paham namun yang aku ingat itu, waktu ia sampai ke kampung ku yaitu : Wates, [masih masuk DIY], tahu2 ia itu telepon aku, dan tanya apa aku ini benar kenal sama Pak Suharyadi. Lalu ku jawab iya. Trus ia bilang kalau aku bisa, ia minta di temui di dekat stasiun. Tahu apa yang ia perbuat saat ketemu aku? Aku ini, juga pegawai Pemda Wates, dan ia itu Mas Bobby Jaguar itu, kasih aku beberapa lembar kertas, yang isinya adalah data wilayah Wates, dan juga berisi catatan2 tentang ekonomi daerah, dan kemungkinan potensi2 masyarakat Wates yg dapat di kembangkan, daerah2 yang bisa segera di upayakan pembangunannya dalam arti di tingkatkan, dan beberapa fasilitas fisik yang juga sebaiknya di adakan sekaligus tehnik pngajuan proposal projek ke Pusat dan tips & trik mengatasi kesulitan pengadaan DAK. Masih belum habis heranku dan aku lalu tanya, ini dapat dari mana? Ia bilang kalau itu ia buat saat ia masuk ke wilayah Kabupaten Wates dan jalan2 sambil ngamen di hampir pelosok kampung. Ia bilang, hanya ini yang ia bisa kasih sebagai rasa terima kasih nya pada warga masyarakat di Wates. Dan ia tak mau aku ajak nginap di rumahku, hanya mau tidur di masjid dekat situ saja. Lalu bulan kemarin juga aku dapat kabar dari Pak Sumarjanto, ia bilang kalau di Cimais yang kemarin saat mau melamar Meutya Hafid itu, mas Bobby juga bikinkan hal serupa, dan itu yang kedua kalinya setelah bulan Nopember 2007. Itulah yang aku herankan dan rupanya itulah jurus Iqro’ dari PAdepokan Kuncara Manik Tunjung Seta itu, benar2 ampuh coy!

Kartono, Pemda Wates.

